Rasa percaya seseorang pada orang lain akan membuat persahabatan mudah terjalin. Bagaimana bila kepercayaan seseorang pada bisnis? Tentu saja brand bisnis yang Anda bawa akan mudah mendapatkan penjualan.
Dengan melihat hal tersebut, sangat penting bagi Anda untuk membangun brand trust secara efektif. Memangnya, apa pengertian brand trust sebenarnya? Dan bagaimana cara membangun brand trust dengan metode yang efektif?
Apa Itu Brand Trust?
Brand trust merupakan tingkat kepercayaan seseorang terhadap sebuah bisnis. Mengingat membangun kepercayaan tidaklah mudah dan membutuhkan waktu, maka proses meningkatkan brand trust perlu Anda lakukan sesegera mungkin.
Ketika Anda membangun kepercayaan seseorang terhadap bisnis Anda secara rajin, maka seseorang akan mudah untuk Anda dalam memperoleh penjualan. Beberapa faktor seperti kedisiplinan pelayanan, kelengkapan produk dan seberapa terampil Anda menangani pelanggan merupakan beberapa faktor yang bisa menumbuhkan “trust” pada pelanggan Anda.
Dengan menanamkan brand trust dalam diri pelanggan, mereka akan setia pada bisnis Anda. Namun, brand trust merupakan hubungan yang timbal balik. Itu berarti, bukan hanya pelanggan yang setia pada bisnis Anda, melainkan bisnis Anda juga perlu setia pada pelanggan.
Manfaat Membangun Brand Trust
Meskipun tampaknya sepele, kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda akan membuahkan hasil yang manis. Berikut sederet manfaat yang akan Anda rasakan ketika berhasil membangun kepercayaan seseorang terhadap bisnis atau brand Anda.
Mendapatkan Pelanggan yang Loyal dan Royal
Bagi sebagian besar orang, mereka akan terlebih dahulu membeli barang di sebuah toko yang sudah mereka percayai. Hal itu bisa terjadi karena mereka yakin bahwa toko tersebut mampu menyediakan barang yang mereka inginkan dengan kualitas, pelayanan dan harga yang sesuai.
Nah, hadirnya pelanggan yang loyal akan membantu toko Anda mengalami penjualan yang rutin, terlebih bila bisnis Anda mencakup kebutuhan dasar atau pokok rumah tangga. Dan pelanggan tidak akan segan menjadi royal bila ketersediaan barang Anda memang melimpah.
Hal tersebut terjadi pada banyak brand besar seperti Samsung, Apple dan lainnya. Seseorang tidak akan segan membeli barang dari brand besar karena mereka sudah memiliki “trust” pada brand tersebut sehingga semahal apapun barang yang brand tersebut jual, tetap akan laku.
Memperoleh “Iklan Gratis”
Sesuatu yang lumrah ketika seseorang merekomendasikan sebuah jasa atau barang pada orang lain. Alasan orang tersebut merekomendasikan jasa atau barang tersebut karena ia sudah tahu bahwa apa yang ia rekomendasikan memang bermanfaat.
Ketika brand Anda sudah masuk dalam daftar rekomendasi pelanggan Anda, maka secara otomatis Anda mendapatkan iklan gratis. Ya, mereka tidak akan meminta bayaran ketika merekomendasikan layanan yang Anda berikan.
Satu hal yang pasti adalah, Anda bisa menghemat budget promosi dan memperoleh peningkatan penjualan.
Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Suatu hal yang wajar bila bisnis Anda memiliki kompetitor. Dengan membangun brand trust, bisnis Anda akan lebih bisa bertahan. Segala promosi dan penawaran yang Anda buat akan lebih bisa diminati ketimbang ketika Anda tidak pernah membangun brand trust.
Cara Membangun Brand Trust Secara Efektif
Melihat betapa bermanfaatnya brand trust, terlebih ketika semakin banyak kompetitor yang bermunculan, Anda tentu ingin mengetahui cara membangun brand trust dengan metode yang efektif. Berikut caranya.
Riset Target Pasar
Tak kenal maka tak sayang, sebuah pepatah yang lekat dalam diri banyak orang. Maka dari itu, buat bisnis Anda dikenal agar bisa disayang oleh pelanggan. Caranya adalah dengan meriset target pasar Anda.
Hasil riset yang Anda peroleh akan menjadi dasar pertimbangan Anda dalam memenuhi kebutuhan, bagaimana melayani dan cara mencapai mereka.
Bangun Image Positif
Image atau pandangan seseorang pada brand Anda harus positif. Hal itu membantu mereka untuk berminat pada penawaran Anda di masa depan. Selain itu, mereka juga tidak segan untuk merekomendasikan bisnis Anda pada orang lain.
Beberapa cara seperti memberikan pelayanan yang terbaik, menyediakan produk berkualitas, fasilitasi yang memadai, layanan komplain yang profesional dan menghadirkan sisi unik bisnis Anda merupakan langkah yang bisa Anda terapkan.
Kejar Pelanggan secara Online
Pada zaman digital ini, Anda tidak boleh terpaku pada cara konvensional saja. Melebarkan sayap pada dunia digital sangat diperlukan. Maka dari itu, memiliki akun sosial media khusus bisnis dan rajin berinteraksi pada followers Anda sangat mutlak diperlukan.
Tentu saja, sisi unik atau ciri khas konten sosial media Anda perlu dihadirkan. Selain sosial media, digital marketing melalui pencarian internet bisa juga Anda tempuh. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan press release di media nasional.
Siaranpers.co.id akan membantu Anda menggaet banyak pelanggan dengan memanfaatkan kekuatan media berita nasional Indonesia sehingga brand trust Anda bisa dibangun secara maksimal.