7 Contoh Iklan Elektronik untuk Inspirasi Iklan Anda

Butuh contoh iklan elektronik untuk produk Anda? Temukan contohnya di artikel ini. Contoh berikut bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk membuat iklan produk Anda sendiri.

Iklan elektronik telah berkembang pesat di masa kini. Anda mungkin juga telah melihat peluang ini dan berniat memakai iklan elektronik untuk produk Anda. 

Apa Itu Iklan Elektronik?

Iklan elektronik adalah iklan yang menggunakan internet dan bentuk media digital lainnya untuk membantu penjualan produk dan jasa. [1] Bisa dikatakan, ini merupakan iklan yang disebarluaskan melalui media elektronik, misalnya radio, televisi, dan media lainnya.[2] 

Contoh Iklan Elektronik

Jika Anda sering menggunakan alat elektronik untuk menerima informasi, Anda tentu akan sering menemui iklan. Misalnya, saat Anda menonton televisi, biasanya akan ada jeda iklan dalam acara. Contoh lain, Anda akan sering menemui iklan di web selama tidak menggunakan Adblocker atau semacamnya.

Contoh selengkapnya bisa Anda temukan di bawah:

Iklan di TV

Televisi menjadi media favorit beriklan. Bahkan, pendapatan dari iklan televisi secara global mencapai 151 miliar USD pada 2021. Angka ini diproyeksikan akan naik menjadi 159 miliar USD pada 2022.[5]

Berikut contoh iklan elektronik iklan televisi yang bisa Anda temukan:

  • Loose Spot dan Run of Station

Loose Spot merupakan iklan di televisi dengan durasi 30 detik. Anda juga bisa menyebutnya TVC. Sementara Run of station, hampir sama dengan loose Spot hanya saja penempatan jam tayangnya ditentukan oleh stasiun televisi.[3]

Contoh iklan elektronik di media televisi, iklan sirup Marjan
Contoh iklan televisi, iklan sirup Marjan yang muncul tiap Ramadhan hingga lebaran

Contoh iklan elektronik yang bisa Anda temui di jeda acara televisi adalah iklan Marjan. Mereka beriklan meskipun tidak mengeluarkan produk baru. Ini bisa disebut reminder advertisement.

Tahukah Anda, ada hal yang menarik dari iklan sirup yang satu ini. Yaitu, iklan ini tampak dibuat dengan sungguh-sungguh, tetapi penayangannya hanya saat menjelang Ramadhan hingga lebaran. 

Cara yang mereka terapkan ini disebut metode flighting. Dengan cara ini, pengiklan hanya beriklan di saat produk mereka lebih dibutuhkan. Jika produk Anda ramai dicari di saat tertentu, metode ini layak untuk dicoba untuk iklan Anda.

  • Built In

Iklan built in dalam televisi merupakan iklan dengan menempatkan produk sponsor secara proporsional sehingga penonton dapat melihatnya.[3]

Gambar iklan televisi. Terdapat reklame berisi iklan dalam sebuah scene sinetron.
Contoh iklan elektronik, Iklan televisi.

Dari contoh di atas, tampak sebuah reklame dengan iklan di dalamnya. Iklan tersebut berada dalam sebuah acara sinetron. Dalam kasus lain, ada pula iklan yang sampai masuk ke dalam narasi dan dialog antar pemain. 

  • Squeeze Frame

Iklan ini tampil saat program berlangsung dengan mengecilkan frame. Kemudian, iklan diletakkan mengelilingi acara tersebut.[3]

Gambar iklan squeeze frame di televisi. Terdapat tayangan siaran berita yang dikelilingi iklan.
Contoh iklan televisi, squeeze frame

Gambar contoh iklan elektronik di atas menampilkan acara berita dengan iklan. Frame acara menjadi lebih kecil, kemudian ada iklan di ruang yang tersisa. Iklan seperti ini kadang juga ditemukan di sinetron.

  • Super Impose

Iklan yang satu ini menampilkan logo pengiklan di layar televisi.[3] Anda bisa melihatnya saat acara berlangsung dengan durasi singkat.

Contoh iklan super impose di televisi. Ada logo produk yang diiklankan di pojok layar.
Contoh iklan di televisi, super impose.

Dalam contoh iklan elektronik di atas, terdapat logo pengiklan di sebelah kiri atas layar. Logo ini tampil sebentar saat acara berlangsung.

Iklan di Radio

Radio juga menjadi tempat untuk beriklan. Berikut contoh iklan di radio:

  • Adlibs

Contoh iklan elektronik radio ini dibacakan langsung oleh penyiar radio. Mereka akan memberi keterangan mengenai produk yang diiklankan secara eksplisit.[3]

Berikut contoh naskah adlibs:

Pagi listeners, bagaimana kabarnya? Semoga pagi ini tetap semangat ya! Oh ya, biasanya nih, ada yang suka ngantuk pagi-pagi.

Ada juga yang badmood padahal belum juga siang. Duh gimana, ya? Tenang listeners, kopi bisa bantu naikin mood dan ngilangin kantuk, lho

Cobain nih, kopi tubruk AAAA, dijamin kantuk ilang, mood terbang. Soalnya, kopi ini dibuat dari biji kopi robusta pilihan. 

Rasanya dijamin strong. Yuk, buruan coba sensasinya.

Iklan di Internet

Tidak hanya televisi dan radio saja, internet juga menjadi tempat untuk beriklan. Apalagi, di era serba digital, tentu mendorong pengiklan untuk menggunakan media internet juga. 

Pengeluaran iklan pencarian bahkan mencapai 144,8 miliar USD pada 2021.[4] Angka ini diproyeksikan akan tumbuh pada tahun-tahun berikutnya. Ini membuktikan bahwa memasang iklan di internet semakin diminati oleh pemilik bisnis.

Penasaran mengenai contoh iklan elektronik yang bisa ditemukan di internet? Contoh di bawah ini sangat mungkin sudah Anda lihat sebelumnya.

Iklan di Web

Web menjadi tempat yang ramai oleh iklan. Hampir tiap Anda menjelajah, iklan kerap muncul di halaman web. Tetapi, ini tidak berlaku jika Anda memakai pemblokir iklan di browser.

Iklan Display di Web

Saat menjelajah web untuk membaca artikel, iklan display seringkali muncul di hadapan Anda. Biasanya, iklan seperti ini banyak ditemukan di portal berita.

Gambar halaman web dengan iklan dari marketplace di atas, dan iklan dari produsen ponsel di bawah.
Contoh iklan elektronik, iklan di web.

Contoh di atas merupakan iklan yang dipasang di halaman web. Ada iklan dari marketplace yang menawarkan aksesoris gadget di bagian atas. Sementara di bawah, terdapat iklan ponsel keluaran terbaru.

Iklan dalam Media Sosial

Aplikasi media sosial juga penuh dengan iklan. Biasanya, iklan dalam aplikasi ini berupa postingan dengan label “sponsored” atau semacamnya.

Iklan di Instagram

Beberapa pengiklan menggunakan Instagram Ads untuk mempromosikan produk mereka. Anda bisa menemukan iklan yang sesuai dengan minat Anda dalam aplikasi sosial seperti Instagram.  

Contoh iklan di medsos.
Contoh iklan elektronik, iklan di media sosial.

Contoh di atas menampilkan iklan sepeda gravel. Iklan yang tampil di aplikasi media sosial Anda mungkin berbeda. Ini karena iklan yang tampil di medsos hanya menargetkan audiens tertentu.

Biasanya, iklan yang tampil di medsos disesuaikan dengan kesukaan penggunanya. Dari contoh di atas, besar kemungkinan iklan tersebut muncul di beranda orang yang suka berbagai hal terkait sepeda.

Penutup

Iklan sering ditemukan di sekitar kita, baik di media cetak maupun elektronik. Di era modern seperti saat ini, iklan elektronik berkembang cukup pesat. Anda bisa menemukannya setiap menggunakan perangkat elektronik untuk menerima informasi seperti radio, televisi, dan internet.

Jika Anda punya produk dan ingin penjualannya meningkat, iklan adalah solusi yang bagus. Tetapi, jangan memulai sebelum mengambil inspirasi dari contoh iklan elektronik. Jangan lupa juga untuk belajar tentang cara membuat iklan yang menarik bagi calon konsumen.

Update informasi seputar periklanan di siaranpers.co.id./blog.

Tinggalkan komentar