Anda sering menemukan iklan, di manapun tempatnya. Iklan yang seringkali ditemui adalah iklan komersial. Iklan ini bisa Anda temukan di televisi, majalah, hingga radio.
Ruang untuk iklan kolom di koran pun dapat berisi iklan komersial. Apa itu, apa tujuannya, dan apa saja contohnya? Anda akan temukan semua jawabannya dalam penjelasan di bawah ini.
Tetapi sebelumnya, telah dibahas sedikit tentang iklan kolom dan contohnya. Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu jika penasaran.
Pengertian
Iklan Komersial merupakan aktivitas menarik perhatian masyarakat terhadap sebuah barang atau jasa untuk menghasilkan keuntungan. Iklan ini dibuat agar muncul kebutuhan pada diri konsumen hingga mereka tertarik kemudian memberikan solusi atas masalah mereka.
Meski begitu, tidak semua iklan ditujukan untuk menciptakan keinginan bagi pemirsa untuk memiliki produk yang diiklankan. Ada juga iklan yang dibuat oleh pengiklan untuk membentuk citra merek mereka di mata konsumen.
Tujuan Iklan Komersial
Ada 3 tujuan utama dalam aktivitas iklan ini, yaitu menginformasikan, menarik konsumen, dan mengingatkan. Apa maksud dari ketiga tujuan tersebut? Simak uraiannya:
- Menginformasikan
Salah satu tujuan iklan ini adalah menginformasikan atau memperkenalkan produk maupun merek kepada masyarakat. Dengan adanya iklan ini, kesadaran merek dapat tercipta di tengah masyarakat.
- Menarik Calon Konsumen
Tujuan selanjutnya adalah menarik calon konsumen untuk menggunakan produk atau jasa yang diiklankan. Langkah yang dilakukan untuk menarik konsumen umumnya menggunakan teknik persuasif. Contohnya, mendorong konsumen dengan memberikan kesan keren.
- Mengingatkan
Secara umum, produk yang beredar di pasar dapat mengalami penurunan setelah mencapai titik tertentu. Di sinilah peran iklan sebagai reminder advertising untuk mengingatkan konsumen tentang produk yang ditawarkan.
Ciri-Ciri Iklan Komersial
Iklan yang satu ini memiliki ciri yang membedakannya dari iklan non-komersial. Ciri-ciri iklan ini antara lain:
- Memakai kata yang menarik, mudah dipahami, dan persuasif
- Mempromosikan barang ataupun jasa yang dimiliki bisnis
- Pihak yang menjadi sponsor iklan dapat dikenali
- Bersifat non personal, sehingga ditujukan untuk masyarakat.
- Ditujukan untuk kalangan tertentu.
Jenis berdasarkan Media
Terdapat beberapa jenis iklan ini berdasarkan media yang digunakan, yaitu:
- Iklan Radio
Iklan ini umumnya diputar di antara pemutaran musik, maupun perbincangan satu dengan lainnya. Panjang iklan ini umumnya lebih pendek dari iklan televisi.
- Iklan TV
Iklan televisi menggunakan audio dan visual untuk menarik konsumen. Iklan yang satu ini biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.
- Iklan Internet
Di internet, Anda akan sangat mudah menemukan iklan. Bentuk iklan ini pun beragam, ada iklan banner, iklan pop up, sampai iklan video.
- Iklan media cetak
Anda juga bisa menemukan iklan di media cetak seperti koran, majalah, dan lainnya. Biaya pemasangan iklan di media cetak bisa bervariasi dengan aturannya masing-masing.
Contoh Iklan Komersial
Ada banyak contoh iklan yang satu ini di sekitar Anda. Ketika menonton televisi, mendengar radio, ataupun membaca koran, Anda akan menemui iklan. Berikut contoh yang bisa Anda temukan.
- Iklan Coca Cola
Anda bisa menemukan iklan Coca Cola di televisi. Saat produsen minuman ini tidak mengeluarkan produk baru, mereka tetap mengiklankan cola. Iklan minuman ini termasuk ke dalam reminder advertising.
- Iklan Ponsel Samsung
Biasanya, saat ada model ponsel baru keluar, Samsung akan mengiklankannya di televisi. Misalnya model Galaxy A dan M dengan ciri khas kata-kata awesome. Ini adalah contoh iklan untuk menginformasikan.
Penutup
Iklan menjadi hal yang sangat mudah dijumpai di berbagai tempat. Anda juga pasti sudah sering melihatnya di televisi maupun tempat lain.
Iklan komersial cukup mendominasi media karena perusahaan perlu menarik konsumen. Contohnya Coca Cola dan Samsung yang mengiklankan produk mereka di televisi. Jika ingin yang lainnya, Anda bisa cek contoh iklan penawaran.